A.
Pengertian Motivasi
Istilah Motivasi berasal dari bahasa Latin yaitu movere
yang dalam bahasa Inggris berarti to move adalah kata kerja yang artinya
menggerakkan. Motivasi itu sendiri dalam bahasa Inggris adalah motivation yaitu
sebuah kata benda yang artinya penggerakan. Oleh sebab itu ada juga yang
menyatakan bahwa “ motives drive at me” atau motiflah yang menggerakkan saya.
Secara psikologi ada yang mendefinisikan : “ motivasi mewakili proses-proses
psikological yang menyebabkan timbulnya, diarahkannya, dan terjadinya
persistensi kegiatan-kegiatan sukarela (volunter) yang diarahkan ke arah tujuan
tertentu.”
Dari definisi ini betapa pentingnya peran motivasi dalam
pembelajaran karena dengan adanya motivasi siswa tidak hanya belejar dengan
giat tetapi juga menikmatinya. Dengan demikian secara tidak langsung motivasi
akan membantu guru mempermudah dalam menyelenggarakan proses PAKEM yaitu
singkatan dari pembelajaran yang Aktif,Kreatif, Efektif, dan menyenangkan,
yaitu model pembelajaran yang dewasa ini giat digalakkan penerapannya di
sekolah di Indonesia.
A.
Motivasi Dalam Pembelajaran
Dalam pembelajaran motivasi adalah sesuatu yang
menggerakkan atau mendorong siswa untuk belajar atau menguasai materi pelajaran
atau mendorong siswa untuk belajar atau menguasai materi pelajaran yang sedang
diikutinya. Tanpa motivasi, siswa tidak akan tertarik dan serius dalam
mengikuti pembelajaran. Sebaliknya, dengan motivasi yang tinggi, siswa akan
tertarik dan terlibat aktif bahkan berinisiatif dalam proses pembelajaran dengan
menempuh berbagai strategi yang positif untuk mencapai keberhasilan dalam
belajar.
Upaya siswa dalam mencapai keberhasilan belajar meliputi
memjawab pertanyaan, berpartisipasi aktif dalam diskusi, mengerjakan
tugas-tugas yang diberikan oleh guru, bahkan siswa yang memiliki motivasi yang
tinggi akan memberikan masukan dalam bentuk gagasan atau usulan kepada guru
tentang berbagai kegiatan tambahan untuk memperluas dan memperdalam lingkup
materi pelajaran yang harus dipelajari.
A.
Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa
Prestasi belajar siswa adalah hasil dari berbagai upaya dan
daya yang tercermin dari partisipasi belajar yang dilakukan siswa dalam
mempelajari materi pelajaran yang diajarkan oleh guru. Sebagaimana telah
dijelaskan, kuat dan lemahnya partisipasi belajar yang dilakukan siswa dalam
belajar bergantung seberapa kuat motivasinya dalam belajar. Sebaliknya,
lemahnya motivasi akan melemahkan upaya dan dayanya untuk belajar.
A.
Sumber-Sumber Motivasi Belajar Siswa
Pandangan lain
motivasi dikemukakan oleh Gray dan kawan-kawan yaitu : “ motivasi merupakan
hasil sejumlah proses, yang bersifat internal atau eksternak bagi seseorang
individu, yang menyebabkantimbulnya sikap entusiasme dan persistensi, dalam hal
melaksanakan kegiatan-kegiatan tertentu.”
Sejalan dengan
pandangan Gray dan kawan-kawan, dalam pembelajaran dikenal dua jenis
motivasi yaitu :
i.
Motivasi
Intrinsik
ii.
Motivasi
Ekstrinsik
0 komentar:
Posting Komentar