MOTIVASI DALAM BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

| Selasa, 02 Juli 2013


A.   Pengertian Motivasi
Istilah Motivasi berasal dari bahasa Latin yaitu movere yang dalam bahasa Inggris berarti to move adalah kata kerja yang artinya menggerakkan. Motivasi itu sendiri dalam bahasa Inggris adalah motivation yaitu sebuah kata benda yang artinya penggerakan. Oleh sebab itu ada juga yang menyatakan bahwa “ motives drive at me” atau motiflah yang menggerakkan saya. Secara psikologi ada yang mendefinisikan : “ motivasi mewakili proses-proses psikological yang menyebabkan timbulnya, diarahkannya, dan terjadinya persistensi kegiatan-kegiatan sukarela (volunter) yang diarahkan ke arah tujuan tertentu.”
Dari definisi ini betapa pentingnya peran motivasi dalam pembelajaran karena dengan adanya motivasi siswa tidak hanya belejar dengan giat tetapi juga menikmatinya. Dengan demikian secara tidak langsung motivasi akan membantu guru mempermudah dalam menyelenggarakan proses PAKEM yaitu singkatan dari pembelajaran yang Aktif,Kreatif, Efektif, dan menyenangkan, yaitu model pembelajaran yang dewasa ini giat digalakkan penerapannya di sekolah di Indonesia.

A.   Motivasi Dalam Pembelajaran
Dalam pembelajaran motivasi adalah sesuatu yang menggerakkan atau mendorong siswa untuk belajar atau menguasai materi pelajaran atau mendorong siswa untuk belajar atau menguasai materi pelajaran yang sedang diikutinya. Tanpa motivasi, siswa tidak akan tertarik dan serius dalam mengikuti pembelajaran. Sebaliknya, dengan motivasi yang tinggi, siswa akan tertarik dan terlibat aktif bahkan berinisiatif dalam proses pembelajaran dengan menempuh berbagai strategi yang positif untuk mencapai keberhasilan dalam belajar.
Upaya siswa dalam mencapai keberhasilan belajar meliputi memjawab pertanyaan, berpartisipasi aktif dalam diskusi, mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru, bahkan siswa yang memiliki motivasi yang tinggi akan memberikan masukan dalam bentuk gagasan atau usulan kepada guru tentang berbagai kegiatan tambahan untuk memperluas dan memperdalam lingkup materi pelajaran yang harus dipelajari.
 
A.   Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa
Prestasi belajar siswa adalah hasil dari berbagai upaya dan daya yang tercermin dari partisipasi belajar yang dilakukan siswa dalam mempelajari materi pelajaran yang diajarkan oleh guru. Sebagaimana telah dijelaskan, kuat dan lemahnya partisipasi belajar yang dilakukan siswa dalam belajar bergantung seberapa kuat motivasinya dalam belajar. Sebaliknya, lemahnya motivasi akan melemahkan upaya dan dayanya untuk belajar.
erbagai pakar yang juga diperkuat oleh temuan berbagai penelitian menyimpulkan bahwa terdapat hubungan atau korelasi yang kuat antara kinerja dan prestasi. Hubungan ini berlaku dalam proses belajar dan mengajar yaitu prestasi belajar siswa berhubungan dengan kinerja belajarnya. Karena motivasi belajar berkolerasi dengan kinerja belajar, sedangkan kinerja belajar berkolerasi dengan prestasi belajar, maka prestasi belajar dengan tidak langsung berkolerasi dengan prestasi belajar siswa.

A.   Sumber-Sumber Motivasi Belajar Siswa
Pandangan lain motivasi dikemukakan oleh Gray dan kawan-kawan yaitu : “ motivasi merupakan hasil sejumlah proses, yang bersifat internal atau eksternak bagi seseorang individu, yang menyebabkantimbulnya sikap entusiasme dan persistensi, dalam hal melaksanakan kegiatan-kegiatan tertentu.”
Sejalan dengan pandangan Gray dan kawan-kawan, dalam pembelajaran dikenal dua jenis motivasi  yaitu :
i.                    Motivasi Intrinsik
ii.                  Motivasi Ekstrinsik

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲